Monday, November 11, 2013

Mengapa Orang Barat Egois secara Bahasa?

Haloo!

Sekarang mau bahas sesuatu, kenapa sih orang barat egois secara bahasa?

Bagi yang belum tahu, di Eropa khususnya, orang-orang pada egois sama bahasa sendiri. Pokoknya, kalau dirimu ke Prancis berbekal bahasa Inggris, siap-siap lost in translation aja deh. Kalau mau ke Eropa, belajar dulu bahasanya meskipun sedikit.

Mungkin kita berpikir, mereka itu egois banget ya, gak mau belajar bahasa Inggris, gak mau pake bahasa Inggris. Apa orang Eropa bodoh dan pemalas? Mungkin itu bagi orang Indoonesia, alasan sebenarnya, sangat kultural.

Jadi begini, kenapa di negara barat harus pake bahasanya sendiri? Anggaplah dirimu sedang berada di PRANCIS. di PRANCIS, ya. Kamu ingin mengunjungi menara Eiffel, Arc du Triumphe, Musee du Louvre, dsb. Kamu kemudian nanya jalan pake bahasa INGGRIS, "Excuse me, would you like to show me the way to the Eiffel tower, please?" Nah, yang bicara pake bahasa PRANCIS ngomongnya, "Pardon, je ne comprends pas. Parlez-vous le francais?" Nah karena kamu gak ngerti, akhirnya kamu cuma nunduk-nunduk bilang "Thank you" sambil mlipir pergi.
Sebenarnya apakah LOGIS, jika orang PRANCIS, menginginkan bahwa ia berbicara bahasa PRANCIS, di negerinya sendiri PRANCIS? Apa mereka salah? Nggak kan?
Sebaliknya, apa Anda merasa bahwa Anda berada di PRANCIS, ketika tidak ada seorangpun yang mengajak Anda berbicara bahasa PRANCIS? Apa Anda akan berpikir, "Jadi sebenernya gue ini di Prancis apa di Inggris?" karena Anda berbicara bahasa INGGRIS?
Itulah sudut pandang orang barat. Bagi mereka, bahasa menunjukkan bangsa, dan di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. kalau kamu di Prancis, ya cocoknya ngobrol pake bahasa Prancis, meskipun seadanya. Kalau kamu di Jerman, ya secara logis kamu harusnya berbicara bahasa Jerman, bukan bahasa Inggris, meskipun bahasa Jermanmu belepotan!
Orang-orang Jepang pun begitu, waktu di sana saya sedikit sekali bicara bahasa Inggris. Meskipun bahasa Jepang saya cuma segitu-segitunya, ya saya paksain ngomong Jepang, karena saya di Jepang, bukan di Inggris. Teman-teman saya yang orang Jepang pun, ada beberapa yang bisa dan belajar bahasa Indonesia karena mereka pernah mengunjungi Indonesia dan/atau mau mengunjungi Indonesia.

Selain itu, menurut mereka, jika kita di suatu negara yang tidak berbahasa Inggris dan malah disapa atau diajak ngobrol menggunakan bahasa Inggris, itu artinya kita tidak diterima di negara itu. Jika Anda berada di Denmark, dan diajak berbicara bahasa Inggris, artinya orang Denmark NGGAK MAU ada dirimu di situ. Jadi, belajar bahasa Denmark dulu kalau mau ke Denmark.

Ini masalah buat orang Indonesia. Kita suka sok-sokan nyapa bule pake bahasa Inggris. Padahal menurut mereka, itu berarti bahwa: 1) Mereka tidak diterima di masyarakat Indonesia, 2) Orang Indonesia tidak bangga akan bahasanya. Padahal menurut orang Indonesia, hal itu: 1) Ramah, karena menyapa dengan "bahasa ibu" si bule, 2) melatih kemampuan bahasa Inggris. Padahal mah, gak semua bule bisa dan ngomong bahasa Inggris kali. Apa karena mukamu mirip orang Thailand kamu mau disapa "Sawatdee khrab!" oleh orang bule? Nah jadi, bagi mereka, menyapa dengan bahasa Inggris itu DISKRIMINASI RASIAL.

Jadi pokoknya, saran saya, mulai dari sekarang, jangan deh sok-sokan nyapa bule dengan bahasa Inggris. Takut aja, bule itu memegang paham tersebut, salah-salah kamu digampar bule :p
Sapalah dengan bahasa Indonesia yang jelas dan perlahan. Agar dia mengerti. Keramahan kita masih terasa, dan mereka merasa "welcome" di negeri kita, selain itu, kita bangga akan bahasa sendiri dan turut melestarikan bahasa Indonesia. Oke?

Mau ke Finlandia? Belajar bahasa Finlandia sana. Oiya, omong-omong soal bahasa Finlandia, cek ke sini gih :p http://linustechtips.com/main/topic/72936-english-swedish-german-and-finnish-decline-dog/

1 comment:

  1. lho kok gitu ? rata rata orang bule yang datang kesini mereka gak bisa bahasa indonesia, masa gue harus maksain mereka buat ngomong bahasa indonesia ? ya kagak lah emangnya tahun beraaappaaaa ini ?? terus "kegunaan" bahasa inggris buat apa ? sia sia dong belajar bahasa inggris di sekolah, les dll.

    ReplyDelete