Monday, February 11, 2013

Bahasa Esperanto, Bahasa Gaulnya Eropa, Bahasa Gaulnya Dunia

Halooooooo! Salutooonnnn!

Hahaha, kali ini saya pengen nulis soal bahasa Esperanto... Apaan tuh? Tetangganya Esmeralda sama Marimar ya? Bahasa Spanyol ya? Bingung? Makanya, simak artikel saya :p

Esperanto adalah bahasa buatan. Bahasa artifisial. Hah? Ngapain siih bikin bahasa segala? Bukannya bahasa udah banyak ya? Yah ceritanya dulu, di lingkungannya Zamenhof (pembuat bahasa Esperanto) itu multietnis. Ada Rusia, Polandia, Yahudi, Jerman, banyak deh. Dan sering terjaid petikaian antar etnis karena masalah bahasa. salah ngerti lah, salah ngomong lah, kalo ngobrol pake bahasa masing-masing lah, dan lain-lain. Akhirnya dia memutuskan untuk  menciptakan sebuah bahasa. Sebuah bahasa yang mudah dipelajari, dan kosakatanya familiar di telinga warga Eropa. Tujuannya, untuk menghentikan pertikaian yang terjadi karena masalah bahasa, dan membuat satu bahasa netral, bahasa yang tidak dimiliki oleh negara atau etnis tertentu tapi milik seluruh orang, untuk menjadi bahasa internasional pada nantinya.

Kosakata dalam bahasa Esperanto diambil dari bahasa-bahasa Eropa, yang sedikit dirubah untuk menyesuaikan dengan fitur bahasa Esperanto. Salah satu fitur bahasa Esperanto adalah kata benda yang selalu diakhiri dengan huruf 'o' (meskipun huruf 'o' ini bisa dihilangkan untuk keperluan rima di puisi atau lagu), dan sedikit bahasa Eropa yang kata bendanya berakhiran 'o'.Jadi, dia menyesuaikan. Contohnya, bahasa Esperanto untuk kata 'burung' adalah 'birdo'. Diambil dari bahasa Inggris, 'bird' yang kemudian ditambahkan huruf 'o' dibelakangnya. Juga kata Esperanto untuk 'kuda' adalah 'ĉevalo' (baca: cevalo) yang diambil dari bahasa Prancis 'cheval' yang hurufnya diubahsuaikan dan ditambah akhiran -o.

Yang asyik lagi dari bahasa Esperanto, pengucapannya menggunakan sistem satu huruf satu suara, yang kurang lebih sama dengan bahasa Indonesia. jadi gak ada pengucapan 'munafik' seperti dalam bahasa Inggris atau Prancis :D Namun Esperanto memiliki beberapa huruf yang cara bacanya berbeda dengan bahasa Indonesia, antara lain:
Cc diucapkan (ts) seperti dalam bahasa Arab huruf ث

Ĉĉ diucapkan (c) seperti dalam kata "coklat"
Ee diucapkan seperti (e) dalam kata "enak" dan BUKAN diucapkan seperti (e) dalam kata "enam"
Gg diucapkan seperti (g) biasa dalam kata "gajah"
Ĝĝ diucapkan (j) seperti dalam kata "jam"
Hh diucapkan seperti (h) biasa dalam kata "harus"
Ĥĥ diucapkan (kh) seperti dalam kata "khusus" atau huruf Arab خ
Jj diucapkan (y) seperti dalam kata "Yaman"
Ĵĵ diucapkan (zh), seperti huruf (j) dalam bahasa Prancis dalam kata "Je" 
Ss diucapkan seperti (s) biasa dalam kata "sapi
Ŝŝ diucapkan (sy) seperti dalam kata "syahadat"
Uu diucapkan seperti (u) biasa dalam kata (utang)
Ŭŭ diucapkan (w) seperti dalam kata "wanita", hanya ada pada diftong aŭ dan eŭ saja.
Sisanya, diucapkan sama seperti bahasa Indonesia. Nah, gak ribet kan?
Oya, untuk penulisan huruf yang memiliki aksen (tanda diatasnya) terkadang diganti dengan menuliskan huruf tersebut seperti biasa dan menambahkan huruf -x seperti gx, jx,hx, sx, dan ux.

Bahasa Esperanto dibuat untuk dipelajari dengan mudah. Bahkan, Anda bisa menguasai konsep tatabahasanya dalam beberapahari saja, dan hanya dibutuhkan beberapa bulan agar fasih.

Tertarik mempelajarinya? Saya bagi beberapa kata-kata dasar dalam bahasa Esperanto:
Halo = Saluton
Selamat pagi = Bonan Matenon
Selamat siang = Bonan Tagon
Selamat malam = Bonan Vesperon (good evening)
Selamat malam = Bonan nokton (good night)
Terima kasih = Dankon
Terimakasih kembali/Sama-sama = Nedankinde
Selamat tinggal = Adiaŭ
Sampai berjumpa lagi = Ĝis revido (baca: jis revido)
Aku cinta kamu = Mi amas vin

Pengen mempelajarinya lebih dalam? Silakan gabung di grup http://www.facebook.com/groups/EsperantoIndonesia/ aja! Jika Anda tinggal di Bandung, ada kursus bahasa Esperanto yang dilaksanakan di Museum Konferensi Asia Afrika, silakan tanya saja. Atau jika Anda lebih suka belajar sendiri (berhubung belum ada penerbit buku yang mau menerbitkan buku bahasa Esperanto di Indonesia), bisa dicoba di id.lernu.net tempat belajar bahasa Esperanto dengan pengantar bahasa Indonesia.

Saya beri contoh paragraf dalam bahasa Esperanto ya:

Esperanto estas la internacia lingvo. Gxi estas neuxtrala lingvo. Mi lernas esperanton cxar gxi estas tre facila. Cxu ankaux vi volas lerni esperanton? lernu esperanton kaj estu nia granda familio! (baca: esperanto estas la internatsia lingvo. Ji estas newtrala lingvo. Mi lernas esperanton car ji estas tre fatsila. cu ankaw vi volas lerni esperanton? lernu esperanton kaj estu nia granda familio) artinya: esperanto adlah bahasa internasional. itu adalah bahasa yang netral. saya mempelajarinya karena bahasa ini begitu gampang. apakah kau juga ingin belajar bahasa esperanto? pelajarilah dan jadilah keluarga besar kami!

oya, jika anda tertarik untuk belajar bersama saya (mungkin via BBM atau email) boleh poskan di bagian komentar.

Do, gxis revido! :D


3 comments:

  1. sulit kalo belajar bahasa tapi ga ada orang yg bisa kita ajak komunikasi pake bhs tsb :)

    btw thanks 4 info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Indonesia memang gak begitu banyak, tapi ada kok orang-orang yang belajar bahasa Esperanto. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, atau Batam.

      Tertarik belajar mas? :) Gabung di faceboooknya dulu aja di http://www.facebook.com/groups/EsperantoIndonesia/

      Delete
  2. Minta pin bb atau WA dong. Thanks

    ReplyDelete