Saturday, April 27, 2013

Belajar Esperanto I : Memberi Salam dan Perkenalan Diri

Saluton!

Kata di atas adalah pelajaran pertama kita. Saluton diartikan "Halo" atau "Salam!" dalam bahasa Indonesia. Yah, dimana-mana, kalau ada pelajaran bahasa, yang pertama dipelajari itu kan pasti persalaman dan memperkenalkan diri. Bukankah Esperanto ada hurufnya yang beda bacanya dengan bahasa Indonesia? Tenang, disini akan saya sertakan cara bacanya dalam bahasa Indonesia. Kalau tidak ada cara pengucapannya, berarti diucapkan seperti biasa. Oke, kita mulai ya.

PERSALAMAN
Saluton! = Halo
Bonan matenon! = Selamat pagi
Bonan tagon! = Selamat siang
Bonan vesperon! = Selamat malam (good evening)
Bonan nokton! = Selamat malam, selamat tidur (good night)

Itu persalaman dasar. Menanyakan kabar dan menjawabnya, di bawah ini ya!

Kiel vi fartas? = Apa kabar?
(Mi fartas) bone = (Kabar saya) baik
Tre bone = Sangat baik
Sufiĉe bone = Lumayan baik
Malbone = Buruk (atau bisa juga "mi ne fartas bone")
Kaj vi? (kay vi?) = dan Anda? (untuk menanyakan kembali pada penanya)

Dankon! = Terima kasih!
Multan dankon! = Terima kasih banyak!
Koran dankon! = Terima kasih sedalam-dalamnya (harfiah: terima kasih dari hati)
Nedankinde! = Sama-sama/Terima kasih kembali (harfiah: (itu) tidak patut diberi terimakasih, seperti dalam bahasa Inggris "don't mention that"~don't mention that bukan arti harfiah)

MEMPERKENALKAN DIRI
Mi estas .... = Saya adalah .... (I am ....)
Mia nomo estas .... = Nama saya adalah ....
Mi nomiĝas .... (mi nomijas) = Saya dipanggil, Saya dinamakan ....
Kiel vi nomiĝas? (Kiel vi nomijas?) = Bagaimana Anda dipanggil?
Kiu vi estas? = Siapakah kamu?
Kio estas via nomo? = Apa namamu?

PERPISAHAN
Adiaŭ (adiaw) = Selamat tinggal!
Ĝis la revido! (Jis la revido) = Sampai jumpa!
Ĝis! (Jis) = (versi pendek dari ĝis la revido)
Ĝis poste! (Jis poste) = Sampai nanti!
Ĝis baldaŭ (Jis baldaw) = Sampai nanti! (harfiah: sampai secepatnya!)

Saya kasih contoh percakapan ya, silakan artikan sendiri, itung-itung latihan :D

A: Saluton!
B: Saluton! Kiel vi fartas?
A: Mi fartas bone, dankon! Kaj vi?
B: Tre bone! Kiel vi nomiĝas?
A: Mi nomiĝas "A". Kaj vi?
B: Mi estas "B".
A: Ah, dankon!
B: Nedankinde!
A: Ĝis la revido!
B: Ĝis!

Itu saja untuk kali ini. Semoga berguna ya!

Ĝis la revido




No comments:

Post a Comment