Monday, April 22, 2013

Mengenal Pangram

Haloooooo!!!

Lama gak ngeblog Ya. hampir lupa kalo saya punya blog. :D

Nah kali ini saya maŭ ngebahas soal pangram. Apaan tuh pangram? Makanya, baca artikelnya sampe selesai biar tahu :p

Secara singkat, pangram adalah sebuah kalimat yang didalamnya muncul semua huruf dalam suatu bahasa paling tidak satu kali. Contohnya, ada suatu pangram yang paling terkenal, pasti ada di komputer windows, di bagian control panel --> font :D
The quick brown fox jumps over the lazy dog
Coba diitung, bener gak ada semua huruf :D Pangram ini bukanlah pangram sempurna. Pangram sempurna adalah pangram yang didalamnya satu huruf hanya muncul satu kali. Contoh pangram sempurna adalah pangram dalam bahasa jawa (ditulis dengan aksara jawa):
꧋ꦲꦤꦕꦫꦏ꧈ ꦢꦠꦱꦮꦭ꧈ ꦥꦝꦗꦪꦚ꧈ ꦩꦒꦧꦛꦔ꧉
Nah gede biar keliatan, kalau gak bisa baca dan pengen baca, silakan download unicode aksara jawa disini: Unicode Aksara Jawa
Dibacanya: "Hanacaraka, datasawala, padhajayanya, magabathanga"
Saya kira, awalnya, susunan itu hanyalah susunan aksara jawa. Namun ternyata ada artinya juga. Artinya adalah (menurut wikipedia): "Ada dua utusan, mereka saling membenci, sama kuatnya (dalam perang), inilah mayatnya."

Nah, yang menjadi pertanyaan, adakah pangram dalam bahasa Indonesia? Coba dipikirkan dulu, sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia, yang memiliki semua huruf dari A sampai Z didalamnya. Cukup susah ya? Ya, karena kata-kata dengan huruf V, X, dan Q sangat jarang dalam bahasa Indonesia. Nah, ada dua kalimat yang dianggap sebagai pangram bahasa Indonesia:
Muharjo seorang xenofobia universal yang takut pada warga jazirah, contohnya Qatar.
sudah dicek? Ini ada satu lagi:
Saya lihat foto Hamengkubuwono XV bersama enam zebra purba cantik yang jatuh dari Alquranmu. 
tapi entahlah, saya tidak yakin kalimat kedua, karena XV, bagaimanapun, angka romawi, dan merujuknya pada angka, bukan huruf, meskipun berbentuk huruf. Berhubung saya bukan linguist ulung, yah terserah teman-teman aja deh mau dianggap pangram apa bukan.

Dalam bahasa lain, dapat juga ditemukan pangram. Ada juga yang memiliki pangram sempurna. Contohnya pangram sempurna bahasa Jepang:
いろはにほへと ちりぬるを わかよたれそ つねならむ うゐのおくやま けふこえて あさきゆめみし ゑひもせすん
 Merupakan pangram sempurna, dan juga menyertakan dua huruf yang tidak digunakan lagi dalam bahasa Jepang. berikut cara bacanya: "irohanihoheto chirinuruwo wakayotareso tsunenaramu uwinookuyama kefukoete asakiyumemishi wehimosesun" panjang ya. entahlah artinya apa. yang pasti, ini adalah contoh pangram sempurna.

Bagaimana dengan bahasa-bahasa bertulisan aneh lainnya? Biasanya ada ditemukan sih, bahasa Arab, Rusia, Hindi, Thai, dan lain-lain ada kok pangramnya. Bahasa-bahasa dengan tulisan latin yang dimodifikasinya (ada tanda-tanda aksen di atas hurufnya) pun ada pangramnya. Hanya bahasa Vietnam saya belum menemukan. Hurufnya aneh-aneh begitu -_-
Tapi saya tidak menemukan pangram dalam bahasa Tiongkok juga. Ya iyalah, hurufnya aja ada sekian ribu, masa aja semuanya mau dijadiin satu kalimat -_-
Pengen lihat lebih banyak contoh pangram? Buka aja disini: List of Pangram
Mungkin, ada teman-teman yang mau menambahkan pangram karya sendiri?

Sekian, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment