Saturday, March 23, 2013

Aksara Sunda, Aksara Ter-unyu Sepanjang Sejarah :D

Halooooo!

Mau nulis tentang budaya sendiri nih, yakni aksara Sunda.
Aksara Sunda? Ya, pada dasarnya, aksara Sunda sudah ada sejak zaman dahulu kala, namun, seiring dengan pengaruh kebudayaan Jawa (sempat berubah jadi aksara Jawa yang diubahsuaikan), pengaruh penjajahan Belanda, dan pengaruh globalisasi, aksara Sunda semakin terkikis, hingga tahun 1996 ada kebijakan untuk melestarikan aksara Sunda, maka mulailah dirancang sebuah aksara Sunda baku, yang berlandaskan dari aksara Sunda kuno, meski sebelumnya aksara Sunda menggunakan aksara Jawa. Ini bertujuan untuk menghidupkan kembali aksara Sunda kuno di masyarakat modern.
Mungkin, bagi teman-teman di luar Jawa Barat, penampakan aksara sunda ini sedikit asing. Ini contoh teks bahasa Sunda dengan aksara Sunda yang saya comot dari sini:
Berikut adalah alihaksara Sunda-Latin-nya:
Ladrang (Ladrang - Salah satu jenis pupuh/puisi bahasa Sunda)
Aya hiji rupa sato leutik (Ada satu jenis binatang kecil)
Éngkang-éngkang, éngkang-éngkang (Entahlah, mungkin sejenis onomatopoeia)
Sok lulumpatan di cai (Suka berlarian di air)
Ari bangun arék sarupa jeung lancah (Tubuhnya hampir mirip dengan laba-laba)

Meski agak aneh, tapi unyu kan? :3

Sistem penulisan aksara Sunda ini mirip dengan aksara Jawa, dan ada beberapa yang berbeda.
Kemiripannya antara lain, setiap huruf merupakan huruf dasar yang bunyinya satu suku kata yag terdiri atas konsonan dan vokal [a], contoh hurufnya: ᮜ=la, ᮘ=ba, dan lain-lain. Kecuali untuk vokal tunggal yang berdiri sendiri. Untuk merubah suara [a] dalam setiap huruf, digunakan rarangkén, yakni kalo di bahasa-bahasa Eropa seperti aksen pada hurufnya. Nanti deh saya cantumkan senarai aksara Sunda baku :)
Yang beda, di aksara Sunda tidak ada sistem aksara pasangan. Jadi, kalau suatu huruf mau di-mati-kan, ada rarangkén pamaéh, tidak menggunakan aksara pasangan.

Nih ya senarai aksara Sunda baku:
Seperti itu :)

Oya, saya akan menyertakan suatu teks bahasa Sunda dengan aksara Sunda, mungkin jika teman-teman tidak bisa melihatnya, bisa diunduh di sini (itu tautan langsung untuk mengunduhnya), dan jika ingin bisa menggunakannya di Microsoft Word, bisa download font sundanese latin di sini.

Ini hasil karya saya:

ᮃᮊ᮪ᮞᮛ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮑᮆᮒ ᮞᮜᮂ ᮞᮠᮤᮏᮤ ᮊᮘᮥᮓᮚᮃᮔ᮪ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮔᮥ ᮊᮨᮓᮂ ᮓᮤᮙᮥᮙᮥᮜᮦ ᮊᮥ ᮅᮛᮀ ᮞᮓᮚᮔ. ᮊᮥᮙᮁᮌᮤ ᮃᮊ᮪ᮞᮛ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ, ᮞᮌᮜ ᮖᮤᮒᮥᮁ ᮞᮛᮨᮀ ᮊᮅᮅᮔᮤᮊᮔ᮪ᮔᮔ, ᮙᮥᮀ ᮓᮤᮕᮤᮊᮌᮓᮥᮂ ᮊᮥ ᮅᮛᮀ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮝᮥᮀᮊᮥᮜ᮪. ᮞᮜᮤᮃᮔ᮪ ᮒᮤ ᮆᮒ, ᮄᮉ ᮙᮍᮢᮥᮕᮊᮩᮅᮔ᮪ ᮊᮝᮏᮤᮘᮔ᮪ ᮅᮛᮀ ᮞᮜᮊᮥ ᮅᮛᮀ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ, ᮑᮈᮒ ᮍᮙᮥᮙᮥᮜᮦ ᮘᮥᮓᮚ ᮅᮛᮀ ᮙᮦᮂ ᮙᮧᮃᮜ᮪ ᮜᮩᮍᮤᮒ᮪ ᮓᮥᮌᮤ ᮊ ᮄᮛᮠ ᮘ.
Alihaksara: Aksara Sunda nyaéta salah sahiji kabudayaan Sunda nu kedah dimumulé ku urang sadayana. Kumargi aksara Sunda, sagala fitur sareng kauunikannana, mung dipikagaduh ku urang Sunda wungkul. Salian ti éta, ieu mangrupakeuun kawajiban urang salaku urang Sunda, nyaeta ngamumulé budaya urang méh moal leungit dugi ka iraha bae.
Terjemah: Aksara sunda adalah salah satu kebudayaan Sunda yang harus dilestarikan oleh kita semua. Karena aksara Sunda, semua fitur dan keunikannya, hanya dimiliki oleh orang Sunda saja. Selain itu, ini merupakan kewajiban kita sebagai orang Sunda, yakni melestarikan budaya kita agar tidak hilang sampai kapanpun juga.

Tertarik mempelajarinya? Cukup simpel kok, download saja gambar aksara sunda tadi, lalu serring berlatih. Oiya, di sini juga laman untuk konversi aksara Sunda-Latin maupun Latin-Sunda ;)

Selain untuk media penulisan, rupanya ada juga loh kaligrafi dengan aksara Sunda,lihat aja contoh dibawah ini:
Entahlah, saya pun sedikit sulit membacanya, namun saya yakin itu adalah aksara sunda, lihat saja lebih teliti :D

Sekian tulisan saya mengenai aksara Sunda, semoga berguna. Mari kita jaga budaya kita!
Salam,

ᮯᮅᮋᮤ ᮃᮂᮙᮓ᮪ ᮐᮥᮜ᮪ᮖᮅᮐᮤ

7 comments:

  1. ᮞᮈ ᮕᮤᮞᮔ᮪ ᮊᮀ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ᮕ, ᮕᮥᮔ᮪ᮒᮨᮔ᮪ ᮆᮒ ᮑᮨᮛᮒ᮪ "ᮞᮈ" ᮔ ᮜᮨᮕᮒ᮪. ᮊᮨᮓᮂᮔ "ᮞᮆ" ᮍᮀᮌᮧ "ᮆ→é" ᮞᮔᮦᮞ᮪ "ᮈ→e".

      Delete
  2. ᮊᮀ, ᮆᮀᮊᮀ-ᮆᮀᮊᮀ ᮒᮦᮂ ᮔᮙᮤ ᮞᮒᮧᮔ ᮊᮀ ᮞᮔᮦᮞ᮪ ᮇᮔᮧᮙᮒᮧᮕᮦ. ᮠᮦᮠᮦ...

    ReplyDelete
  3. Kang, éngkang-éngkang téh nami satona kang sanés onomatopé. Héhé...

    ReplyDelete
  4. ᮒᮅᮔ᮪ |᮲᮰᮲᮰| ᮃᮘ᮪ᮓᮤ ᮊᮧᮙᮨᮔ᮪ᮒᮛ᮪

    ReplyDelete
    Replies
    1. ᮃᮘ᮪ᮓᮤ ᮙᮂ ᮒᮅᮔ᮪ |᮲᮰᮲᮱| ᮊᮀ 😂

      Delete
  5. ᮠᮧᮚᮧᮀ ᮃᮊ᮪ᮞᮛ ᮔᮥ ᮃᮚ ᮓᮤᮔ ᮜᮓᮢᮀ ᮓᮤ ᮜᮥᮠᮥᮁ ᮊᮀ, ᮙᮔᮝᮤ ᮆᮒ ᮒᮦᮂ ᮞᮨᮛᮒᮔ ᮕᮔᮍᮔ᮪ ᮒᮔᮕᮤ ᮕᮧᮔ᮪ ᮊᮧᮙ᮪ᮕᮥᮒᮨᮁ ?

    ReplyDelete