Thursday, July 4, 2013

Grafologi: "Ngepoin" Seseorang dari Tulisannya

Haloooooo~

Maaf ya sudah lama tidak memperbaharui blog saya T_T

Sekarang saya mau bahas mengenai hal yang sedang saya pelajari: Grafologi.
Dilihat dari katanya, Grafo=Tulisan, dan Logi=Ilmu. Jadi, secara etimologis, grafologi berarti ilmu mengenai tulisan. Namun, dalam penerapannya, grafologi adalah ilmu membaca karakter dan sifat seseorang dari tulisan yang ia tulis dari tangannya sendiri.
Berdasarkan ilmu psikologi, konon tulisan kita merupakan cerminan dari sifat kita yang merupakan hasil dari perbuatan dan perilaku kita sehari-hari. Selain itu, tulisan tangan juga merupakan hasil komando dari otak, yang mencerminkan sifat-sifat si penulis. Tertarik?
Dengan grafologi, Anda bisa saja mengetahui sifat seseorang dari tulisannya. Gebetan, orang tua, keluarga, teman, bahkan bos, bisa Anda ketahui sifat-sifatnya :) Selain orang lain, Anda juga bisa mengenal diri sendiri lebih baik, dan berintrospeksi diri.
Yah, memang di Indonesia, ilmu ini serasa kurang tenar. Namun, mungkin saja kan akan sangat berguna bagi kita? Lagipula, semua ilmu pasti ada gunanya kok ;)
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melihat tulisan seseorang. Antara lain posisi, ukuran, kemiringan, arah, lebar, tekanan, ketebalan, jarak, tepi, kecepatan, lengkungan, sambungan, kemudahterbacaan, permulaan, akhiran, bahkan penilaian per huruf, mulai dari huruf kapital, huruf-huruf bertitik (i dan j), huruf-huruf yang bawahnya melengkung (g, j, y, q), dan bahkan tanda tangannya pun bisa dilihat.

Namun, yang mengejutkan bagi saya, rupanya perubahan pada tulisan kita bisa merubah sifat kita juga, karena kita "memaksa" otak kita berperilaku seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang bersifat begitu. Contohnya, ukuran tulisan tangan yang kecil menandakan orang yang berkonsentrasi tinggi. Jika Anda merasa Anda sulit berkonsentrasi, cobalah menulis dengan tulisan yang kecil-kecil. Ini akan "memaksa" otak Anda untuk berlaku seperti mereka yang berkonsentasi tinggi, dan akhirnya Anda pun bisa berkonsentrasi lebih baik.

Selain Anda bisa "kepo" terhadap tulisan orang, grafologi juga bisa membuat Anda mengerti seseorang lebih baik, karena Anda mengerti sifat-sifatnya dan Anda tahu apa yang harus dilakukan jika sedang bersamanya, dan bagaimana Anda harus berperilaku. Anda pun bisa lebih disayang orang-orang karena mereka merasa dimengerti oleh Anda ;)

Ingin belajar? Berhubung saya belum menguasainya, saya belum bisa menuliskan disini, sepertinya lebih baik jika Anda mencari situs-situs belajar grafolgi di internet atau membeli buku-buku yang berkaitan dengan grafologi.
Yah, siapa tahu Anda menjadi HRD di suatu perusahaan suatu saat nanti, saat Anda akan merekrut pegawai baru, ilmu grafologi ini akan membantu Anda merekrut pegawai yang kompeten, berdasarkan tulisan tangannya, tentu saja! :D

No comments:

Post a Comment