Sunday, March 31, 2013

April Mop!

Halooooo!
Saya mau menulis sesuatu tentang April mop nih. Kok ditulisnya tanggal 30 maret? Ya ngasih tahu sama teman-teman biar lebih ngerti maksud dari April Mop ini....
Dilihat dari sisi sejarah, ada dua buah kisah yang merujuk pada april mop. Diceritain dua-duanya ya?

Versi pertama:
 Waktu dulu, tahun baru dirayakan pada bulan April. Namun, karena beberapa alasan, maka tahun baru dipindahkan ke bulan Januari. Karena pada ga liat timeline twitter temennya atau gak ngecek beranda facebook atau memang mungkin ketinggalan informasi atau  gak mau move on dari April, ada beberapa golongan yang merayakan tahun baru tetap pada bulan April. Mereka sering banget dijailin sama orang-orang yang sudah move-on ke Januari, dan tradisi itu berlanjut sampe sekarang.
Gak rame ah. Biasa aja. Versi kedua neh:
Pokoknya, biar singkat, waktu itu Spanyol dikuasai sama orang Islam. Nah, orang Nasrani gatel ngeliat kependudukan Muslim di Spanyol. Singkat cerita, mereka memerdaya semua orang dengan musik, rokok, dan alkohol, hingga akhirnya umat Muslim menjadi lengah dan Spanyol takluk di tangan pasukan salib. Singkat cerita lagi, pasukan salib membunuh dan membantai semua Muslim, hingga cuma tersisa di Granada. Muslim Granada, kebanyakan bersembunyi di dalam rumah, dan karena pasukan salib gak puas membunuh, mereka pengen ngabisin Muslim Granada juga, tapi mereka berlindung di rumah mereka. Akhirnya mereka mengeluarkan pernyataan bahwa Muslim Granada bisa keluar dari Spanyol dengan kapal yang sudah disediakan. Sebagian percaya,sebagian tidak, dan karena dasar lakum dinukum waliyadin (untukmu agamamu, untukku agamaku), mereka yakin dengan keyakinannya masing-masing. Yang percaya bahwa mereka bisa keluar dari Spanyol dengan selamat naik ke perahu, sementara sisanya tetap bersembunyi di rumah-rumah. Dan tahu apa? jeng jeng jeng jeng! Rupanya statement pasukan salib hanyalah sebagai kail agar umat Islam keluar tanpa senjata. Akhir cerita, kapal yang berisi umat Muslim yang percaya pasukan salib dibakar hingga tenggelam, rumah-rumah dibakar, dan penganut Islam yang tersisa dibantai. Naudzubillah! Dan kejadian itu terjadi tanggal 1 April, dan untuk memperingati kemenangan salibis, orang Eropa merayakannya dengan menipu atau menjahili orang-orang pada tanggal 1 April
Kalau seandainya cuma versi pertama yang ada, tentu tidak akan banyak kontroversi. Namun, karena ada versi kedua, maka inilah yang menjadi kontroversi karena ada campurtangan agama didalamnya. Nah, ini nih yang mau saya bahas.
Oke, mungkin merayakan April mop akan meninggalkan sebuah kenangan konyol yang menjadi bahan tertawa saat reuni dengan teman, namun lihat salah satu tujuan perayaannya, yakni merayakan kemenangan pasukan salibis terhadap umat Islam, tentu saja, bagi penganut Islam, kita tidak pantas ikut-ikutan merayakannya. Kok ikut berbahagia terhadap pembantaian saudara sendiri?
Selain itu, mungkin memang banyak orang yang tersenyum karena perayaan hari april mop ini, tapi tentu juga banyak muka dongkol dan jengkel yang disebabkan karena kejahilan temannya begitu parah. Bahkan termasuk stasiun televisi, koran, bahkan universitas pun menjahili orang lain.
Yang perlu kita lihat adalah manfaatnya. Jika manfaatnya lebih banyak daripada kesia-siaannya, maka secara umum (bukan secara Islami) sah-sah saja. Namun jika ternyata itu hanya hal sia-sia semata yang tidak ada manfaatnya sama sekali? Ngapain dilakukan? Lagipula, daripada menghabiskan waktu untuk berpikir jebakan dan kejahilan macam apa  yang akan kita lakukan, lebih baik kita menghabiskan waktu dengan hal lain yang lebih baik toh?
Secara Islami, sudah jelas dalam hadits "Barangsiapa yang mengikuti suatu kaum maka ia termasuk dari kaum tersebut" bahwa jika kita ikut-ikutan merayakan April mop kita akan dianggap sebagai mereka yang berbahagia atas keruntuhan peradaban Muslim di Spanyol. Dih, dicap kafir kali! Jangan deh :)

Kesimpulan? Saran saya, lebih baik tidak usah ikut-ikutan sesuatu kalau kita tidak tahu sejarah dan fungsinya, kalau tidak mendatangkan manfaat baik yang berarti, dan kalau hanya untuk kesenangan pribadi semata. Lagipula, bukankah menjalin hubungan yang baik antar-manusia lebih baik ketimbang menjahili dan menipu oranag lain di sekitar kita?
Keputusan saya serahkan pada Anda :)
"Wrong is wrong even if everybody doing it, right is right even if only you that doing it, choose wisely." (Yang salah adalah salah bahkan jika semua orang melakukannya, yang benar adalah benar bahkan jika hanya Anda yang melakukannya, pilihlah dengan bijak)

Sekian post saya, semoga berguna!

No comments:

Post a Comment